RSS

HOAX: Menghilangkan Batu Empedu Secara Alamiah

Penulis menemukan banyak tulisan sejenis di internet. Penulis ambil tulisan dari Kaskus ini. Menurut penulis, ini adalah HOAX (berita bohong). Baca sampai selesai (terutama lihat penjelasan di bagian akhir oleh muic_healing). Penulis berkesimpulan ini adalah HOAX. Bila Anda seorang mahasiswa FK atau dokter, sangat diharapkan partisipasi Anda untuk meng-klarifikasi tulisan ini.

Ini kutipan dari posting NetExplor92 di Kaskus:

Indikasi awal kanker dan tumor biasanya diawali dengan penuhnya kantung empedu dengan batu. Semua orang cenderung empedunya berisi batu, tetapi pada kondisi tertentu akan jadi penyakit. Penuhnya empedu dengan batu tidak akan kita ketahui dalam keadaan normal, tetapi setelah melakukan USG hati dan empedu oleh dokter.

Menurut dokter, operasi mengangkat kantung empedu dengan operasi besar atau pun laparaskopi. Biaya yang akan kita keluarkan untuk operasi tersebut berkisar antara Rp 40.000.000,00-Rp 60.000.000,00 (untuk operasi saja).

Bagaimana menghilangkankan batu empedu tanpa operasi dan biaya sangat murah dan tidak merusak tubuh?

Dengan mengikuti tips ini, Insya Allah batu empedu akan keluar semua tanpa operasi (ini bukan detoxinasi, tapi seperti pembersihan perut). Bagi yang sehat, bisa mencobanya karena saat kita sakit akut ataupun kronis asli gak enak jek...

Tips pengobatannya adalah sebagai berikut:

  1. Selama 5 hari berturut-turut minumlah 4 gelas sari buah apel segar setiap hari atau makan 4 atau 5 buah apel segar sesuai selera Anda. Apel berkhasiat melembutkan batu empedu. Selama masa ini boleh makan seperti biasa.
  2. Pada hari ke-6 jangan makan malam. Jam 6 petang, telan satu sendok teh “Epsom salt” (magnesium sulfat, garam inggris?) dengan segelas air hangat. Jam 8 malam lakukan hal yang sama. Magnesium sulfat berkhasiat membuka pembuluh-pembuluh kantung empedu. Jam 10 malam campurkan ½ cangkir minyak zaitun (atau minyak wijen) dengan ½ cangkir sari jeruk segar. Aduk secukupnya sebelum diminum. Minyaknya melumasi batu-batu untuk melancarkan keluarnya batu empedu.
  3. Besoknya kita akan menemukan batu-batu berwarna kehijauan dalam limbah air besar kita. Biasanya batu-batunya mengambang. Coba hitung jumlahnya, ada yang jumlahnya 40, 50, sampai 100 batu. Tanpa gejala penyakit apa pun kita mungkin memiliki ratusan batu yang berhasil dikeluarkan melalui metoda ini, walaupun mungkin tidak semuanya keluar.


  1. Jenis apel sebenarnya sama, terserah kaskuser enak yang mana.
  2. Minum/makan apel selama 1 hari 4-5 buah.
  3. Sebenarnya minum jus asli apel sih bagus, tapi butuh waktu membuatnya. Jadi, lebih baik, kulitnya dibuang (karena apel sekarang banyak dikasih lapisan lilin dan terkontaminasi dengan pestisida) dan potong kecil-kecil lalu di masukkan ke kulkas, saat mau dimakan apelnya masih segar dan dingin.
  4. “Epsom salt” (garam Inggris) bisa di beli di apotik dengan harga ±Rp 2.500,-
  5. Olive Oil (minyak zaitun) di supermarket harganya ±Rp 25.000,00-Rp 30.000,00 satu botol, di apotek juga ada. Manfaat sari jeruk segar agar tidak muntah saat minum minyak zaitun, jadi aduk yang rata.

Tips oleh Dr. Lai Chiu-Nan.


Di bawah ini tulisan music_healing yang menyatakan tulisan di atas adalah HOAX:


Cara di atas sekali lagi, tidak ada dasar medisnya, bahkan bila benar, malah berbahaya karena berpotensi untuk mengakibatkan penyumbatan saluran bilier dan cholesistitis (ini berat nih).

Gini yah, coba saya terangin dengan simple:

Kandung empedu/ kantung empedu/ KE itu, letaknya di antara lobus kanan - kiri hati dan isinya garam-garam empedu buat mencerna lemak dari KE, akan keluar 1 arah ke saluran, namanya saluran choledochus dan masuk ke dalam duodenum/ usus 12 jari. Muara ini namanya papilla vateri selalu tertutup dan sifatnya 1 way out only. Tidak ada apa pun yang lewat di usus 12 jari masuk ke papila Vater dan naik ke saluran choledochus dan masuk ke KE.

1 way out, no way in

Tidak mungkin apel, garam inggris dan minyak zaitun bisa masuk ke saluran itu.

Batu di KE/ sludge - pasir belum jadi batu, bisa keluar sendiri secara natural, asal :
Ukuran batu < 0,5 cm - akan nyangkut di saluran choledochus malah gawat batu nyangkut di saluran KE - choledochus akan bikin pasien kuning dan infeksi berat jadi:

- minyak zaitun - bisa merangsang KE keluarin empedu, tapi hati-hati, kontraksi berlebihan, bila batunya > 0,5 cm - high risk untuk melukai/ nyangkut dan infeksi berat.

- apel, cuka, garam inggris, dll, tidak bisa memperlunak batu empedu, hancurin batu empedu dll
karena KE itu saluran buntu 1 arah.

- batu2 yang elo liat itu, keluar banyak adalah reaksi saponifikasi dari apel, cuka, garam inggris.

Simple chemistry, jadi bukan batu empedu Anda yang keluar.

Saya bukan profesor dari luar negeri. Saya cuma pecinta kaskus dan anak bangsa Indonesia yang emang kompeten omongin hal ini.

So terserah mau percaya siapa.

Anda boleh bawa omongan saya, ke textbook mana pun, silakan percaya mana deh. Dah cape meluruskan HOAX satu ini.


Catatan:
Sejauh ini, saya lebih percaya ke tulisan music_healing (makanya tulisan ini dimasukkan ke label Mitos - Healing). Bila Anda mahasiswa FK (Fakultas Kedokteran) atau dokter yang kebetulan membaca tulisan ini, mohon konfirmasi dari Anda, mana yang benar. Saya (pembuat dan pemilik blog) hanya ingin berbagi info yang benar. Terima kasih...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

Kang Nurul Iman mengatakan...

Terima kasih bermanfaat sekali artikelnya dan semoga selalu terdepan artikelnya, klik disisni untuk mengetahui yang berkualitas yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.
KLIK DISINI

Unknown mengatakan...

Bagaimana menurut anda dengan orang2 yg berhasil dan sembuh dgn metode garam inggris sm apel td bs d jlaskan scara ilmiah ga,sy msh pnasaran ko bnyk yg buat testimoni keberhasilan.

Hendry Filcozwei Jan mengatakan...

Fei Abdullah...

Kami hanya berusaha memberi info yang terbaik (info yang menurut kami benar).

Tapi semua diserahkan kembali kepada pembaca. Boleh percaya, tidak pun tidak masalah.

Memang banyak kasus yang tidak dapat dijelaskan dengan nalar. Misalkan saja: ada yang sembuh karena minum "air kobokan" batu yang dimiliki Ponari. Entah karena sugesti atau faktor lain.

Bekali lagi, blog ini dibuat untuk berbagi info yang bermanfaat (bukan karena kepentingan tertentu). Apa yang ditampilkan, baik isi blog maupun komentar, diusahakan tidak mengiklankan produk atau pengobatan tertentu (jadi tidak bermaksud mencari keuntungan). Kecuali pengalaman nyata penulis atau memang ada hal penting dan dirasa bermanfaat bagi banyak orang, akan dipertimbangkan untuk ditampilkan (meski terkesan promo pengobatan atau produk tertentu).

Tapi sekali lagi, itu HANYAa untuk memberi manfaat bagi banyak orang, bukan karena cari keuntungan.

Kami sangat terbuka bila ada masukan dari pembaca (misalkan ada data penunjang secara ilmiah bahwa pengobatan yang menurut kami hoax ternyata bukan), silakan kirimkan kepada kami. Kami pertimbangkan untuk ditampilkan di sini dan kami berikan link rujukan agar pembaca bisa membaca langsung.


Salam,
Hendry F.Jan
www.duniaherbalku.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Sya baru 2 hari di vonis dokter Rahmat RS.Antam Medika pulogadung jakarta timur tgl 8 sept'16 dgn ukuran batu di dlm KE 1,1 cm dan inti nya sya harus di bedah dan sya ttep berusaha untuk cari alternatif lain tanpa laparoskopi dgn biaya yg tidak sya sanggupin lagi pula BPJS Blm bisa menanggung untuk laparaskopi..dan setelah membaca saya tambah galau..mohon saran nya bagi siapa pun yg membaca.terimakasih

Hendry Filcozwei Jan mengatakan...

Pak Taufik Tommy, sampai sekarang, kami tidak/ belum menerima info yang menjelaskan bahwa info HOAX ini salah. Jika kami menemukan info atau dapat kiriman info disertai data penelitian, kami akan tampilkan di sini.

Blog ini dibuat hanya untuk berbagi info.

Jika Pak Taufik merasa penjelasan di dunia maya bahwa cara pengobatan ini benar, tidak membahayakan, dan ingin mencoba, silakan saja.

Kami hanya menyajikan info, dipraktikkan atau tidak, sepenuhnya tergantung kepada pembaca.

Jika Pak Taufik coba dan berhasil (hasil secara medis bahwa batu empedunya hilang), silakan kirim info ke sini dan kami akan tampilkan. Kami sama sekali tidak mengambil manfaat (jualan produk tertentu, misalnya) untuk kepentingan prbadi dari pembuatan blog ini. Hanya semangat untuk berbagi info.

Semoga ada pembaca yang menanggapi keluhan Pak Taufik sehingga mendapat solusi terbaik. Semoga Pak Taufik lekas sembuh...


Salam,

Hendry F.Jan
www.duniaherbalku.blogspot.com

Posting Komentar